Pentingnya Kesehatan Mental

 

Pentingnya Kesehatan Mental

Apa sih mental itu? Menurut kamus oxford mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mental adalah sesuatu yang berhuhubungan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga. Jadi apabila disimpulkan mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan batin dan pikiran manusia.

dikutip dari alo dokter, kesehatan mental adalah hal yang mendasar bagi kemampuan manusia untuk berpikir, berkembang, berekspresi, berinteraksi, mencari nafkah, serta menikmati hidup. Inilah alasan mengapa kamu perlu mengenali dan menjaga kesehatan mentalmu. Di samping itu, WHO juga menjelaskan bahwa seseorang yang sehat secara mental mampu menyadari kesanggupannya, menangani stres dalam kehidupan sehari-hari, bekerja dengan produktif, serta dapat berkontribusi untuk sekitarnya. Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal tersebut, ada kemungkinan kesehatan mentalmu mengalami gangguan. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mental yang sehat dan positif memungkinkan tubuh berfungsi dengan baik dan membantu untuk memiliki koneksi sosial dengan orang lain. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita. Hal tersebut memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak. Kesehatan mental yang baik juga membantu menentukan cara mengelola stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat sebuah pilihan. Oleh karena itu kesehatan mental harus dijaga, karena jika tidak dijaga akan berpengaruh buruk  kedepannya. Semua orang pasti pernah mengalami kesehatan mental selama masa hidupnya, lalu bagaimana dengan cara untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental ? berikut ada beberapa cara :

1.      Mengelola stress

Bagaimana cara mengelola stress ? tentu cuckup sulit untuk menghindarinya, namun ini bisa kita cegah dengan berjalan santai disekitar ruangan, berolahraga ringan, melakukan meditasi, mengobrol dengan sahabat, saling bercerita dengan sahabat, melakukan aktivitas yang membuat kita senang. Hal hal tersebut dapat membantu agar pikiran kita lebih tenang.

2.      Tetapkan tujuan

Buat tujuan kita secara realistis. Kita bisa menuliskan tujuan kita dikertas dan menempelnya di dinding. Itu akan menjadi semangat dalam berativitas dan membuat hidup kita lebih terarah dalam menggapai tujuan kita. Lengkapi dengan keterangan target waktu, serta daftar hal-hal yang telah berhasil kamu capai.

3.      Berkumpul dengan orang yang mendukungmu dan menyayangimu

Apabila kita mempunyai hubungan yang sehat maka ini membuat lebih sedikit gangguan kesehatan dan dapat hidup lebih lama. Saling bercerita, saling tertawa dan menghabiskan waktu dengan orang yang kita sayang bisa membantu kita dalam melepas penat.

4.      Membantu orang lain

Sering membantu orang lain, mengikuti sebagai relawan itu dapat membuat kita bahwa hidup kita berharga dan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Ini membantu kita dalam menghindari rasa insecure, rasa kesepian dan rasa tidak berguna. Dan mebuat kita lebih bersyukur.

5.      Melakukan hal baru

Melakuan hal baru dapat membuat kita tidak mudah stress. Kenapa? Karena itu akan membuat kita cukup lebih senang. Contohnya seperti mengganti cat dinding rumah, belajar bahasa baru, memperbarui penampilan, atau sekadar mengganti rute pulang-pergi kantor. Melakukan hal baru dapat menyegarkan pikiranmu, bahkan membuatmu lebih semangat dalam menjalani hari.

6.      Merawat kesehatan tubuh

Kesehatan mental tentu sangat bergantung pada caramu merawat diri sendiri. Pastikan kamu makan beragam makanan sehat, istirahat dan minum air putih yang cukup, berolahraga, serta menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum minuman keras. Dan ingat, bukan hanya kurang tidur, kelebihan jam tidur juga tidak baik untuk kesehatan mental.

Jadi berikut adalah cara yang kita bisa lakukan dalam menhindari gangguan kesehatan mental. Hargai dan sayangi mental kita seprti kita menyayangi fisik kita.

Komentar