Love My Self

 

Love My Self

Bahagia itu mudah, bahagia itu kita yang menciptakan. Kurasa semua orang banyak yang berkata begitu. Memang benar, karena bahagia itu kita yang menciptakan. Tingkatan kebahagian orang itu berbeda-beda. Yang terpenting dari semua itu adalah kita bisa menjadi diri kita sendiri tanpa ada paksaan. Dalam hal ini kamu jangan sekali-kali membandingkan dirimu dengan orang lain, karena itu hanya akan membuatmu tidak percaya diri dan menganggap diri kamu tidak berguna. Bukankah itu sangat merugikan bagi kamu?. Mulai lah belajar sedikit-sedikit menginteopeksi kelemahan kita dan mencari jalan keluarnya. Jangan terus melihat orang lain, karena itu tidak aka nada habisnya. Dengan menginstropeksi diri sendiri kamu dapat memahami diri kita sendiri. Karena yang tahu sebenar-benarnya diri kita adalah kita sendiri. Jangan terlau memperdulikan apa kata orang. Ambil yang positif buang yang negatif, belajar memfilter itu yang utama. Saya akan memberi tips bagaimana cara memahami diri kita :

1.      Cari tau siapa saya, apa kelebihan saya, apa kekurangan saya, apa yang saya sukai, apa yang saya benci. Itu bisa membuat kita lebih memahami kita dan bisa mencari solusi dari apa kekurangan kita.

2.      Meminta masukan dari orang yang kita sayang / yang paling dekat dengan kita. Karena dalam memahami tentu kita juga perlu penilaian orang terhadap kita. Mereka pasti akan membicarakannya dengan sejujurnya. Tapi jangan kaget, tentu itu bisa membuat kita lebih bisa mengetahui siapa saya sebenarnya.

3.      Fokus pada tujuan / impian kita. Dengan memiliki impian pasti kita akan berjuang sekuat tenaga dalam menggapai impian tersebut. Pasti kita berpikir bagaimana cara menggapai impian tersebut?. tentu kita pasti bersemangat dalam menggapainya. Dan dalam perjalanan menggapai impian tersebut kita pasti mengevaluasi diri kita secara mandiri. Sudah sampai mana progress kita.

4.      Bertanya di depan kaca. Hal yang sangat aneh kan? unik untuk dilakukan. Coba kita berdiri di depan kaca dan katakan “saya yakin bisa menjadi lebih baik”, “saya yakin saya bisa menjadi orang yang berguna”. Seperti sepele, tapi ini sangat berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri kita.

5.      Tulis kenangan yang membanggakan. Kejadian yang menyenangkan tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri. Bagaimana tidak itu titik dimana kita merasakan kebahagiaan. Jika kita dalam keaadan sedang sedih, coba buka lagi catatan kebahagiaan. Itu bisa membuat kamu bangkit dan bersemangat kembali.

Lalu bagaimana cara menghargai diri kita ?

1.      Luangkan waktu untuk me time, mengintropeksi diri, melakukan apa yang kita suka, itu bisa lebih menghargai diri kita.

2.      Berhenti menjadi orang lain. STOP!!! Karena itu tidak akan membuatmu bahagia sampai kapan pun. Kenapa? Karena itu akan membuat kita tidak yakin, tidak puas apa yang kita miliki. Percayalah saya adalah saya, dan dia adalah dia. Percaya bahwa kita mempunyai kelebihan yang belum tentu orang lain miliki.

3.      BERSYUKUR. Sederhana namun sangat berarti dan memberi perubahan. Kenapa? Itu karena ketika kita bersyukur kita bisa menerima diri kita apa adanya. Menikmati apa yang kita punya. Dan kita bisa lebih meningkatkan keimanan kita kepada tuhan kita. Dan tidak termasuk orang yang kufur nikmat.

4.      Membuang rasa gengsi. Hidup dengan tekanan gengsi tidak akan membuat hidup kita tenang. Terus ingin menjadi yang terbaik di pandangan orang lain. STOP!!! semua sudah dipilihkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadinya tanpa harus malu atau minder cobalah untuk hargai diri anda dan jangan dengarkan orang lain.

Dengan melakukan cara-cara diatas, semoga bisa membantu khususnya saya dan umumnya untuk para pembaca dan semoga tulisan ini sangat bermanfaat.

Komentar